RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Kelas :
Semester : 1 (satu)
Tema : 4. Sehat itu Penting
Sub Tema : 1. Pentingnya Kesehatan
Diri dan Lingkungan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Pertemuan :
1
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang di
anutnya
2.
Memiliki perilaku
jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi
dalam keluarga, teman,guru,dan tetanggannya.
3.
Memahami pemahaman faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya
dirumah,disekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dan
kritis dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga
tradisional bola besar..
Indikator
3.1.1 Menyebutkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga
tradisional bola besar. (bola voli mini)
4.1.1 Melakukan berbagai gerakan dalam permainan
bola besar (Voli Mini: servis, passing, dan smash).
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara
menjaga dan merawat tubuh, salah satunya dengan berolahraga dengan percaya
diri.
2.
Dengan berdiskusi tentang cara melakukan teknik-teknik dasar
permainan bola voli mini, siswa dapat menyebutkan cara-cara malakukan
teknik-teknik dasar permainan bola voli mini dengan teliti.
3.
Dengan latihan service, passing, smash, dan membendung bola, siswa
dapat melakukan service, passing, smash, dan membendung bola dengan mandiri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Dasar permainan Bola Volly
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Metode :
Tanya Jawab, ceramah, demonstrasi
2.
Pendekatan : Saintifik (
Mengamati,menanya,mencoba,menalar,mengkomunikasikan)
F. MEDIA, ALAT
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Gambar
permainan bola volly.
2.
Alat : peluit,bola
volley,net
3.
Sumber
Belajar :
Heny
Kusumawati,dkk.2014. Buku
Siswa Kelas V Tema 4 “Sehat itu Penting”.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam,menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta salah
seorang peserta didik untuk memimpin doa
3.
Guru melakukan absensi
terhadap peserta didik.
4.
Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan
pemanasan.
5.
Guru menyampaikan tema
dan sub tema dan tujuan pembelajaran yang
akan dipelajari.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru merangsang rasa ingin tahu siswa
dengan mengajukan pertanyaan tentang cara merawat tubuh manusia.
2. Siswa menanggapi pertanyaan
yang disampaikan oleh guru.
( menalar ). Guru mengapresiasi
jawaban siswa.
3.
Guru memotivasi siswa dengan sebuah semboyan “ Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa
Yang Kuat “.
4. Siswa
mengamati gambar anak bermain bola Volly dan menyebutkan alat-alat yang digunakan dalam
bermain bola volly serta menuliskannya pada kolom yang
tersedia( mengamati,mencoba,mengkomunikasikan ) Buku Siswa
Hal 8
5.
Siswa berdiri membentuk setengah lingkaran dan
mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan servis, passing, smash
dan membendung bola. ( mengamati )
6. Siswa berlatih cara
melakukan servis, passing, smash dan membendung bola secara bergantian. ( mencoba )
7. Siswa melakukan gerakan pendinginan dengan cara
melakukan relaksasi.
8. Siswa melakukan diskusi secara berkelompok
tentang cara-cara bermain bola voli mini. ( menalar,mengkomunikasikan
) Buku Siswa Hal 10
9. Siswa
menyampaikan hasil diskusi didepan kelompok yang lain. ( Menalar )
|
100 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama
siswa melakukan refleksi dari kegiatan
yang telah dilakukan .
2.
Siswa bersama guru Membuat kesimpulan tentang permainan bola voli mini.
3.
Salah seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri
kegiatan
|
10 Menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : percaya diri,
kerjasama,tertib,sportifitas,
b. Penilaian pengetahuan : Test tertulis
c. Penilaian keterampilan : Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
SIKAP
|
|||
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
Tertib
|
sportifitas
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = BT:
Belum tampak
2 = MT:
Mulai Tampak
3 = MB:
Mulai Berkembang
3 = SM: Sudah
Membudaya
Rubrik Penilaian Permainan bola voli mini
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterampilan Service
|
Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap
pukulan dengan tepat ke sasaran.
|
Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir
setiap pukulan dengan tepat ke sasaran.
|
Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada
beberapa pukulan dengan tepat ke sasaran.
|
Melakukan service dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada
beberapa pukulan ke sasaran.
|
Keterampilan passing
|
Mampu melakukan passing dengan teknik dan control yang baik dalam
setiap percobaan dengan arah yang tepat.
|
Mampu passing dengan teknik dan control yang baik dalam hampir setiap
percobaan dengan arah yang tepat.
|
Mampu passing dengan teknik dan control yang cukup baik dalam beberapa
percobaan dengan arah yang tepat.
|
Melakuklan passing dengan teknik dan control yang kurang baik dengan
arah yang tepat.
|
Keterampilan smash
|
Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap
percobaan.
|
Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir
setiap percobaan.
|
Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam
beberapa percobaan.
|
Melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam setiap
percobaan.
|
Keterampilan membendung/ menahan.
|
Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap
percobaan.
|
Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir
setiap percobaan.
|
Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam beberap
percobaan.
|
Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam
beberapa percobaan.
|
Sikap / Sportivitas
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan berlangsung.
|
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama permainan
berlangsung.
|
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit
permainan berlangsung.
|
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang
permainan berlangsung.
|
NO
|
Nama Siswa
|
Keterampilan service
|
Keterampilan
passing
|
Keterampilan
smash
|
Keterampilan membendung/ menahan.
|
Sikap /
Sportifitas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah, Guru PJOK Kelas V
Tidak ada komentar:
Posting Komentar