Rabu, 24 Juni 2015

Contoh RPP K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  
Kelas                     :  
Semester               :  1 (satu)
Tema                     :  4. Sehat itu Penting
Sub Tema             :  1. Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan
Pembelajaran      :  2
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit
Pertemuan           : 1

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang di anutnya
2.      Memiliki  perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dalam keluarga, teman,guru,dan tetanggannya.
3.      Memahami pemahaman faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya dirumah,disekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dan kritis dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

PJOK
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar..

Indikator

3.1.1 Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. (bola voli mini)
  4.1.1 Melakukan berbagai gerakan dalam permainan bola besar (Voli Mini: servis, passing, dan smash).

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara menjaga dan merawat tubuh, salah satunya dengan berolahraga dengan percaya diri.
2.      Dengan berdiskusi tentang cara melakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini, siswa dapat menyebutkan cara-cara malakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini dengan teliti.
3.      Dengan latihan service, passing, smash, dan membendung bola, siswa dapat melakukan service, passing, smash, dan membendung bola dengan mandiri.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Dasar permainan Bola Volly

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Metode          : Tanya Jawab, ceramah, demonstrasi
2.      Pendekatan    : Saintifik ( Mengamati,menanya,mencoba,menalar,mengkomunikasikan)

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                    : Gambar permainan bola volly.
2.      Alat                       : peluit,bola volley,net
3.      Sumber Belajar      :
Heny Kusumawati,dkk.2014. Buku Siswa Kelas V Tema 4Sehat itu Penting”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13. Jakarta : Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

KEGIATAN
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa
3.    Guru melakukan absensi terhadap peserta didik.
4.    Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pemanasan.
5.    Guru menyampaikan tema dan sub tema dan tujuan pembelajaran  yang akan dipelajari.
20 Menit
Kegiatan Inti
1.    Guru merangsang rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang cara merawat tubuh manusia.
2.      Siswa menanggapi pertanyaan yang disampaikan oleh guru. ( menalar ). Guru mengapresiasi jawaban siswa.
3.    Guru memotivasi siswa dengan sebuah semboyan “ Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat “.
4.    Siswa mengamati gambar anak bermain bola Volly dan menyebutkan alat-alat yang digunakan dalam bermain bola volly serta menuliskannya pada kolom yang tersedia( mengamati,mencoba,mengkomunikasikan ) Buku Siswa Hal 8
5.    Siswa berdiri membentuk setengah lingkaran dan mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan servis, passing, smash dan membendung bola. ( mengamati )
6.     Siswa berlatih cara melakukan servis, passing, smash dan membendung bola secara bergantian. ( mencoba )
7. Siswa melakukan gerakan pendinginan dengan cara melakukan relaksasi.
8. Siswa melakukan diskusi secara berkelompok tentang cara-cara bermain bola voli mini. ( menalar,mengkomunikasikan ) Buku Siswa Hal 10
9. Siswa menyampaikan hasil diskusi didepan kelompok yang lain. ( Menalar )
100 Menit
Penutup
1.                 Guru bersama siswa melakukan  refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan .
2.                 Siswa bersama guru Membuat kesimpulan tentang permainan bola voli mini.
3.                Salah seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri kegiatan
10 Menit

H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                        : percaya diri, kerjasama,tertib,sportifitas,
b.      Penilaian pengetahuan            : Test tertulis
c.       Penilaian keterampilan            : Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian sikap
No
Nama Siswa
SIKAP
Percaya Diri
Kerjasama
Tertib
sportifitas
1





2





3





4





5





Keterangan :
               1 = BT: Belum tampak
               2 = MT: Mulai Tampak
               3 = MB: Mulai Berkembang
3  = SM: Sudah Membudaya

Rubrik Penilaian Permainan bola voli mini

Kriteria
Baik sekali
Baik
cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Keterampilan Service
Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap pukulan dengan tepat ke sasaran.

Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap pukulan dengan tepat ke sasaran.

Mampu melakukan service dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa pukulan dengan tepat ke sasaran.

Melakukan service dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada beberapa pukulan ke sasaran.

Keterampilan passing
Mampu melakukan passing dengan teknik dan control yang baik dalam setiap percobaan dengan arah yang tepat.

Mampu passing dengan teknik dan control yang baik dalam hampir setiap percobaan dengan arah yang tepat.

Mampu passing dengan teknik dan control yang cukup baik dalam beberapa percobaan dengan arah yang tepat.

Melakuklan passing dengan teknik dan control yang kurang baik dengan arah yang tepat.

Keterampilan smash
Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap percobaan.

Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir setiap percobaan.

Mampu melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang baik dalam beberapa percobaan.
Melakukan smash dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam setiap percobaan.
Keterampilan membendung/ menahan.
Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap percobaan.

Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir setiap percobaan.

Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam beberap percobaan.

Mampu menahan bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam beberapa percobaan.
Sikap / Sport­ivitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama permainan berlangsung.

Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama permainan berlangsung.

Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit permainan berlangsung.

Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang permainan berlangsung.



NO
Nama Siswa
Keterampilan service
Keterampilan passing
Keterampilan smash
Keterampilan membendung/ menahan.
Sikap / Sportifitas






































                                                                                                                           
Kepala Sekolah,                                                                              Guru PJOK Kelas V
                                                                                                           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar