PROGRAM SEMESTER 1 ( GANJIL ) KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata
Pelajaran : PJOK Kelas
: 2 ( Dua )
NO
|
Tema
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
Hidup Rukun
|
Hidup Rukun Di Rumah
|
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak
dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
* Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor dalam bentuk permaianan sederhana.
|
|
|
|
|
|
Hidup Rukun
Dengan Teman Bermain
|
3.1 Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
*Mengidentifikasi konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
* Mempraktekan konsep gerak
variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan.
|
|
|
|
|
|
Hidup Rukun
Dengan Teman Bermain
|
3.3 Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerak
nonlokomotor dalam satu permainan.
*
Mempraktekkan gerakan nonlokomotor sesuai
permaina sederhana
|
|
|
|
|
|
Hidup Rukun Disekolah
|
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/
dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
|
* Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmik.
* Mengidentifikasi
penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan)
tanpa iringan musik dalam aktivitas ritmik.
* Bergerak
bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
* Melangkah
ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik.
|
|
|
|
|
|
Hidup Rukun Dimasyarakat
|
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/
dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
|
* Mengidentifikasi
penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
* Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak ritmis.
* Bergerak
bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
* Melangkah
ke berbagai arah sesuai irama.
|
|
|
|
|
Bermain Di Lingkunganku
|
Bermain Di Lingkungan rumah
|
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
* Mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
*
Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
*Melakukan
variasi lari ke berbagai arah.
*Melakukan
variasi lompat ke berbagai arah.
*Melakukan
variasi lempar ke berbagai arah.
|
|
|
|
|
|
Bermain Dirumah teman
|
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola
gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau
tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
* Mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana.
* Mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan tradisional.
* Melakukan
variasi gerak menarik dengan tangan.
|
|
|
|
|
|
Bermain Di Lingkungan Sekolahku
|
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola
gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar manipulatif dalam permainan sederhana.
* Mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar menipulatif dalam permainan tradisional
* Melambung
bola ke atas
* Menangkap
bola yang dilambungkan dengan benar.
* Memukul
bola yang dilambungkan
* Menendang
bola dalam kelompok
* Menahan
bola dalam kelompok
* Melempar
bola ke sasaran bergerak
|
|
|
|
|
|
Bermain Di
Tempat Wisata
|
3.4 Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh
(duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah
dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan
atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh
(duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran
jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan
sederhanadan atau tradisional.
|
*Mengidentifikasi
berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
*Melakukan
aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
|
|
|
|
|
Tugasku Sehari-hari
|
Tugasku Sehari-hari Dirumah
|
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum
dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari
sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
* Mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
*
Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
|
Tugasku Sehari-hari Disekolah
|
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
|
* Mengidentifikasi
berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
* Mendemonstrasikan
cara membersihkan sesuatu.
* Melakukan
piket membersihkan lingkungan kelas.
|
|
|
|
|
|
Tugasku Sebagai umat Beragama
|
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan
dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
*
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum
melakukan
aktivitas fisik.
*Mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Mengelompokkan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
|
Tugas Dalam
Kehidupan Sosial
|
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan
dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
*Mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
*Mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
* Mengelompokkan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
* Menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
*Menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
Aku Dan Sekolahku
|
Tugas-tugas
Sekolahku
|
3.5 Mengetahui konsep variasi
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/
samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu
kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara,
berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai
pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/
samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu
kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara,
berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
|
*Mengidentifikasi pola gerak dasar bergantung dalam aktivitas
senam.
* Melakukan gerakan bergantung.
*Mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal terbang dalam
aktivitas
senam.
* Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki
dalam aktivitas senam.
*Melakukan gerakan sikap kapal terbang.
*Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Ekstrakurikulerku
|
3.1
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana
dan
atau tradisional.
|
*Menjelaskan konsep pola
gerak dasar lokomotor
berdasarkan permainan
yang dilakukan.
*Melakukan variasi lompat
ke berbagai arah.
|
|
|
|
|
|
Lingkungan Sekolahku
|
3.5 Mengetahui konsep variasi
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/
samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu
kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara,
berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai
pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/
samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu
kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara,
berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
|
*Mengidentifikasi
pola gerak dasar menolak dalam aktivitas senam.
*Mengidentifikasi
pola gerak dasar mengayun dalam aktivitas senam.
*Melakukan
gerakan menolak dalam aktivitas senam.
*Melakukan
gerakan mengayun dalam
aktivitas
senam.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar