Kamis, 25 Juni 2015

Promes PJOK K13 Kelas 2 -smt 1

PROGRAM SEMESTER 1 ( GANJIL ) KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran    : PJOK                                                                                                                       Kelas   : 2 ( Dua )
NO
Tema
Sub Tema
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Tanggal Pelaksanaan
1.
Hidup Rukun
Hidup Rukun Di Rumah
3.2   Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2      Mempraktikkan variasi pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
* Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permaianan sederhana.





Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
*Mengidentifikasi konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
* Mempraktekan konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan.





Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
3.3  Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerak nonlokomotor dalam satu permainan.
* Mempraktekkan gerakan nonlokomotor sesuai permaina sederhana





Hidup Rukun Disekolah
3.6   Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6  Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
*  Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
* Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas ritmik.
* Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
* Melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik.





Hidup Rukun Dimasyarakat
3.6   Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6  Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor  sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

* Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
*  Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
* Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
* Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.




Bermain Di Lingkunganku
Bermain Di Lingkungan rumah
3.1  Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

* Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
* Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
*Melakukan variasi lari ke berbagai arah.
*Melakukan variasi lompat ke berbagai arah.
*Melakukan variasi lempar ke berbagai arah.





Bermain Dirumah teman
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
* Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana.
* Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan tradisional.
* Melakukan variasi gerak menarik dengan tangan.





Bermain Di Lingkungan Sekolahku
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar manipulatif dalam permainan sederhana.
* Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar menipulatif dalam permainan tradisional
* Melambung bola ke atas
* Menangkap bola yang dilambungkan dengan benar.
* Memukul bola yang dilambungkan
* Menendang bola dalam kelompok
* Menahan bola dalam kelompok
* Melempar bola ke sasaran bergerak






Bermain Di Tempat Wisata
3.4  Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4  Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhanadan atau tradisional.
*Mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
*Melakukan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.





Tugasku Sehari-hari
Tugasku Sehari-hari Dirumah
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
* Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.





Tugasku Sehari-hari Disekolah
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
* Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
* Mendemonstrasikan cara membersihkan sesuatu.
* Melakukan piket membersihkan lingkungan kelas.





Tugasku Sebagai umat Beragama
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
* Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
*Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
*Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
* Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.





Tugas Dalam Kehidupan Sosial
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
*Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
*Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
* Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
* Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
*Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.




Aku Dan Sekolahku
Tugas-tugas Sekolahku
3.5 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
*Mengidentifikasi pola gerak dasar bergantung dalam aktivitas senam.
* Melakukan gerakan bergantung.
*Mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal terbang dalam aktivitas
senam.
* Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
*Melakukan gerakan sikap kapal terbang.
*Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.





Kegiatan Ekstrakurikulerku
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
*Menjelaskan konsep pola
gerak dasar lokomotor
berdasarkan permainan
yang dilakukan.
*Melakukan variasi lompat
ke berbagai arah.





Lingkungan Sekolahku
3.5 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
*Mengidentifikasi pola gerak dasar menolak dalam aktivitas senam.
*Mengidentifikasi pola gerak dasar mengayun dalam aktivitas senam.
*Melakukan gerakan menolak dalam aktivitas senam.
*Melakukan gerakan mengayun dalam
aktivitas senam.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar