PROGRAM SEMESTER 1 ( GANJIL ) KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata
Pelajaran : PJOK Kelas
: 4 ( Empat )
NO
|
Tema
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
Indahnya Kebersamaan
|
Keberagaman
Budaya Bangsaku
|
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3 Mempraktekkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau
olahraga tradisional.
|
Mempraktikkan
permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
|
|
|
|
|
|
Kebersamaan dalam keberagaman
|
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3 Mempraktekkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau
olahraga tradisional.
|
Mempraktikkan
permainan tradisional englek.
|
|
|
|
|
|
Kebersamaan dalam keberagaman
|
3.9 Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
4.6 Mempraktekkan pola gerak dasar berirama
bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak
mengikuti irama ( ketukan ) tanpa /dengan musik.
|
* Menerapkan
pola gerak dasar berirama.
* Merancang pola gerak
dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok.
|
|
|
|
|
|
Bersyukur atas Keberagaman
|
3.9
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor,nonlokomotor dan manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permaianan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
|
Mendemonstrasikan keterampilan memukul,melempar dan menangkap bola serta
keterampilan berlari dalam permainan kasti.
|
|
|
|
2.
|
Selalu Berhemat Energi
|
Macam-macam sumber energi
|
3.9
Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat
dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga
tradisional.
|
Melakukan gerakan
lari dasar lurus dan variasinya
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan Energi
|
3.9
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
4.4
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan
berat badan ideal.
|
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran
jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta
kelenturan
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan Energi
|
3.8 Memahami konsep makanan bergizi dan jajanan
sehat menjaga kesehatan tubuh
4.4
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan
berat badan ideal.
|
Menjelaskan zat-zat makanan dan manfaatnya
bagi kesehatan tubuh
|
|
|
|
|
|
Gaya dan Gerak
|
3.6 Mengetahui
konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik
4.6 Mempraktikkan
gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik
|
Mempraktikkan gerak senam irama
|
|
|
|
3.
|
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
|
Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan
Rumahku
|
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
4.3
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan
dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui
permainan dan atau olahraga tradisional.
|
Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
|
|
|
|
|
|
Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
|
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
4.3
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan
dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui
permainan dan atau olahraga tradisional.
|
Mendemonstrasikan keterampilan gerakan lari
yang divariasikan dengan lompat pada permainan lompat katak
|
|
|
|
|
|
Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
|
3.4
Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber
daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
* Menjawab pertanyaan bacaan
tentang teks petualangan mengenal
pertumbuhan padi setelah membaca
teks
*Menceritakan kembali teks
petualangan mengenal pertumbuhan
padi secara runtut dan
menggunakan kosakata baku dalam bentuk tulisan
|
|
|
|
|
|
Ayo
Cintai Lingkungan
|
3.8
Memahami konsep makanan bergizi danjajanan sehat menjaga kesehatan tubuh
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan memilih
jajanan sehat
|
Menyusun
menu gizi seimbang
setelah
mengenal piramida
makanan
|
|
|
|
4.
|
Berbagai Pekerjaan
|
Jenis-jenis
pekerjaan
|
3.2 Memahami konsep variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulative dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.1 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasarlokomotor, non-lokomotor, dan manipulative
dalampermainan bola besar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
|
Mempraktekkan
servis pada
permainan
bulu tangkis yang
dilandasi
oleh pola gerak dasar
lokomotor
dan manipulatif
|
|
|
|
|
|
Barang dan
Jasa
|
3.5
Memahami konsep kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda,
dsb)
4.5
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda,
dsb)
|
Mempraktikkaan latihan kelenturan
|
|
|
|
|
|
Pekerjaan Orang tua
|
3.2
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
Melempar
bola dalam permainan
kasti,
serta memahami cara bermainnya
|
|
|
|
5.
|
Pahlawanku
|
Perjuangan Para Pahlawan
|
3.10
Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama
melakukan aktivitas fisik.
4.10
Mempraktikkan cara penanggulangan cidera secara sederhana selama melakukan
aktivitas fisik.
|
*Membedakan
jenis cidera
*Mendemonstrasikan
cara menangani
cidera
sesuai jenisnya
|
|
|
|
|
|
Pahlawanku Kebangganku
|
3.10
Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama
melakukan aktivitas fisik.
4.10
Mempraktikkan cara penanggulangan cidera secara sederhana selama melakukan
aktivitas fisik.
|
*Menjelaskan
ciri-ciri dari cidera
ringan
(memar)
•
Mempraktikkan pertolongan pada
cidera
|
|
|
|
|
|
Sikap
Kepahlawanan
|
3.2
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
|
*Mengenal
permainan badminton
•
Siswa mampu melakukan gerakan
servis
dan lob dengan benar
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar