PROGRAM SEMESTER 1 ( GANJIL ) KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata
Pelajaran : PJOK Kelas
: 1 ( Satu )
NO
|
Tema
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
Diriku
|
Aku dan Teman baru
|
3.3 Mengetahui konsep gerak manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh
yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan pola gerak
dasar
manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang
gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau
permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi
gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
* Melakukan gerak melempar bola
* Melakukan gerak menangkap bola
|
|
|
|
|
|
Aku dan Teman baru
|
3.1 Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai
dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang
digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas
berjalan
* Melakukan gerak lokomotor
menggunakan
kaki dalam
berjalan
lurus
* Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
* Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki dalam berjalan lengkung.
|
|
|
|
|
|
Tubuhku
|
3.2 Mengetahui konsep gerak nonlokomotor sesuai
dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerak
nonlokomotor dalam satu permainan.
*
Mempraktekkan gerakan nonlokomotor sesuai
permaina sederhana
|
|
|
|
|
|
Tubuhku
|
3.1 Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai
dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang
digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerak
nonlokomotor dalam satu permainan.
*
Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki
|
|
|
|
|
|
Aku Merawat Tubuhku
|
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang
digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.8 memparktikkan cara memelihara dan menjaga
kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri,kegunaan dan cara menjaga
kebersihannya terutama badan,kuku, kulit, gigi,rambut,hidung,telinga,tangan
dan kaki serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
|
*
Mempraktikkan cara
mencuci tangan
*
Melakukan gerakan melompat sesuai intruksi.
|
|
|
|
|
|
Aku Merawat Tubuhku
|
3.1 Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh
yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola
gerak dasar lokomotor sesuai dimensi
anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam
berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi
gerakan berbaris dan melompat sebagai gerak lokomotor.
* Melakukan gerak lokomotor berbaris dan melompat membentuk lingkaran garis lurus
dan zigzag.
|
|
|
|
|
|
Aku Istimewa
|
3.1 Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai
bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang
digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi
gerak lokomotor dalam suatu kegiatan permainan.
* Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi gerak kaki.
* Bekerja sama dengan teman dalam melakukan pola
gerak dasar lokomotor yang dilandasi gerak kaki.
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan
usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang
digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau permainan tradisional.
|
* Mengidentifikasi gerakan
lokomotor yang melibatkan tangan dan kaki.
* Melakukan gerakan lokomotor yang
melibatkan gerakan tangan dalam satu permainan.
* Melakukan gerakan lokomotor yang melibatkan
gerakan kaki dalam satu permainan.
|
|
|
|
2.
|
Kegemaranku
|
Gemar
Berolahraga
|
3.2 Mengetahui
konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan
pola gerak dasar nonlokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan
usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
* Mengamati gerak
dasar non-lokomotor
* Memperagakan gerak
dasar non lokomotor
|
|
|
|
|
|
Gemar
Berolahraga
|
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah,ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
* Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
* Melakukan
gerak lokomotor (berlari)
|
|
|
|
|
|
Gemar
Berolahraga
|
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.1 Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
* Mengidentifikasi
macam-macam gerak dasar lokomotor
* Melakukan gerak lompat jauh
* Mempraktikkan
gerak lokomotor
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
|
* Mengidentifikasi gerak manipulatif
|
|
|
|
|
|
Gemar
Bernyanyi dan menari
|
3.5 Mengetahui konsep
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dasar dominan statis
(bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap
kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan
dinamis (menolak, mengayu, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
aktivitas senam
|
• Menyebutkan gerakan-gerakan yang terdapat dalam sebuah
permainan (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung,
sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat)
• Mempraktikkan permainan tradisional daerah
• Menyebutkan gerakan-gerakan yang
dilakukan dalam sebuah tarian
• Mempraktikkan gerakan tari “Poco Poco” dengan benar sesuai
arahan
|
|
|
|
|
|
Gemar
Menggambar
|
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk
melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan
atau tradisional.
|
*Menceritakan pengalaman bergerak
secara seimbang
*Mempraktikkan bergerak secara
seimbang melalui permainan
|
|
|
|
|
|
Gemar
Menggambar
|
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
• Menjelaskan cara berlari sebagai salah
satu gerakan lokomotor
• Melakukan gerak lari dalam sebuah
kegiatan
|
|
|
|
3.
|
Kegiatanku
|
Kegiatan Pagi Hari
|
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak
dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah,
ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
* Mengamati gerak dasar jalan biasa
• Mengamati gerak dasar jalan lambat
• Mengamati gerak dasar jalan cepat
• Mengamati gerak dasar lari
• Mempraktikkan gerak dasar jalan biasa.
• Mempraktikan gerak dasar jalan lambat.
• Mempraktikkan gerak dasar jalan cepat.
• Mempraktikkan gerak dasar lari.
|
|
|
|
4.
|
Keluargaku
|
Anggota Keluargaku
|
3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/
dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
|
* Mengidentifikasi gerak
lokomotor dan non lokomotor yang ada pada gerakan senam.
* Mempraktikkan gerakan lokomotor dan non lokomotor pada gerakan
senam.
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar