Rabu, 24 Juni 2015

Promes PJOK Kelas 1- smt 1

PROGRAM SEMESTER 1 ( GANJIL ) KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran    : PJOK                                                                                                                       Kelas   : 1 ( Satu )
NO
Tema
Sub Tema
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Tanggal Pelaksanaan
1.
Diriku
Aku dan Teman baru
3.3    Mengetahui konsep gerak manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.2  Mempraktikkan pola gerak dasar  manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
*  Melakukan gerak melempar bola
Melakukan gerak menangkap bola





Aku dan Teman baru
3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.

* Mengidentifikasi gerak  lokomotor pada aktifitas berjalan
* Melakukan gerak lokomotor  
   menggunakan kaki dalam
   berjalan lurus
* Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
* Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung.





Tubuhku
3.2    Mengetahui konsep gerak nonlokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.2    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerak nonlokomotor dalam satu permainan.
* Mempraktekkan gerakan nonlokomotor sesuai permaina sederhana





Tubuhku
3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerak nonlokomotor dalam satu permainan.
* Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki






Aku Merawat Tubuhku
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.8    memparktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri,kegunaan dan cara menjaga kebersihannya terutama badan,kuku, kulit, gigi,rambut,hidung,telinga,tangan dan kaki serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
* Mempraktikkan cara mencuci tangan
* Melakukan gerakan melompat sesuai intruksi.






Aku Merawat Tubuhku
3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerakan berbaris dan melompat sebagai gerak lokomotor.
* Melakukan gerak lokomotor berbaris dan  melompat membentuk lingkaran garis lurus dan zigzag.






Aku Istimewa
3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerak lokomotor dalam suatu kegiatan permainan.
*   Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi gerak kaki.
*   Bekerja sama dengan teman dalam melakukan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi gerak kaki.







3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
* Mengidentifikasi gerakan lokomotor yang melibatkan tangan dan kaki.
* Melakukan gerakan  lokomotor yang melibatkan gerakan tangan dalam satu permainan.
Melakukan gerakan lokomotor yang melibatkan gerakan kaki dalam satu permainan.





2.
Kegemaranku
Gemar Berolahraga
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor  sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* Mengamati gerak dasar non-lokomotor
* Memperagakan gerak dasar non lokomotor






Gemar Berolahraga
3.1  Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah,ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
*  Melakukan gerak lokomotor (berlari)





Gemar Berolahraga
3.1  Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
* Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
* Melakukan gerak lompat jauh
* Mempraktikkan gerak lokomotor






3.3  Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.3  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
* Mengidentifikasi gerak manipulatif





Gemar Bernyanyi dan menari
3.5  Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayu, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam
• Menyebutkan gerakan-gerakan yang terdapat dalam sebuah permainan (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat)
• Mempraktikkan permainan tradisional daerah
• Menyebutkan gerakan-gerakan yang
dilakukan dalam sebuah tarian
• Mempraktikkan gerakan tari “Poco Poco” dengan benar sesuai arahan





Gemar Menggambar
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan  cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
*Menceritakan pengalaman bergerak
secara seimbang
*Mempraktikkan bergerak secara
seimbang melalui permainan





Gemar Menggambar
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
• Menjelaskan cara berlari sebagai salah
satu gerakan lokomotor
• Melakukan gerak lari dalam sebuah
kegiatan



3.
Kegiatanku
Kegiatan Pagi Hari
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang  gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah, ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
* Mengamati gerak dasar jalan biasa
• Mengamati gerak dasar jalan lambat
• Mengamati gerak dasar jalan cepat
• Mengamati gerak dasar lari
• Mempraktikkan gerak dasar jalan biasa.
• Mempraktikan gerak dasar jalan lambat.
• Mempraktikkan gerak dasar jalan cepat.
• Mempraktikkan gerak dasar lari.



4.
Keluargaku
Anggota Keluargaku
3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
* Mengidentifikasi gerak lokomotor dan non lokomotor yang ada pada gerakan senam.
* Mempraktikkan gerakan lokomotor dan non lokomotor pada gerakan senam.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar