Kamis, 25 Juni 2015

RPP Kelas 1 K 13 Smt1 ( Tema Diriku )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  
Kelas                     :  I (SATU)
Semester               :  1 (satu)
Tema                     :  1. DIRIKU
Sub Tema             :  1. AKU DAN TEMAN BARU
Pembelajaran      :  1
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar,melihat,membaca ) dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

PJOK
Kompetensi Dasar
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
 2.1    Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk dalam bentuk permainan.
3.3    Mengetahui konsep gerak manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.2    Mempraktikkan pola gerak dasar  manipulatif sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.

Indikator
3.3.1        Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
4.2.1    Melakukan gerak melempar bola
4.2.2    Melakukan gerak menangkap bola

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui permainan lempar tangkap bola,siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Gerak dasar Manipulatif

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Metode                  : Tanya jawab, ceramah,demonstrasi
2.      Pendekatan           : Saintifik (Mengamati,menanya,mencoba,menalar,mengkomunikasikan)

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                    : - Gambar berkenalan dengan teman baru.
2.      Alat                       : Bola plastik
3.      Sumber Belajar      :
Lubna Assagaf,dkk.2014.Buku Siswa Kelas I Tema I “ Diriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13 untuk SD/MI Kelas I. Jakarta : Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan




G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

KEGIATAN
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru mengucapkan selamat datang kepada siswa baru.
3.    Guru menyampaikan motivasi yang menimbulkan semangat belajar di sekolah dasar.
4.    Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Guru meminta siswa untuk mengamati buku siswa dari halaman 1-3.(mengamati )
2.    Guru menunjukkan cara berkenalan seperti yang dilakukan oleh Edo dan Beni di buku siswa halaman 3.
3.    Melalui sebuah permainan lempar tangkap bola,guru mengajak siswa untuk saling berkenalan. ( mengkomunikasikan )
4.    Guru menjelaskan aturan permainan lempar tangkap bola,Siswa diminta untuk membentuk lingkaran dengan cara duduk atau berdiri dan guru memberikan contoh cara melempar dan menangkap bola dengan tepat. ( mencoba,menalar,mengkomuniasikan )
5.    Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri,” Selamat pagi,nama saya Bapak.....(Nama panjang) Biasa dipanggil pak....kemudian melempar bola kepada salah satu siswa ( mengamati,mencoba )
6.    Siswa yang menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya kemudian melempar pada teman yang lain,dan seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri ( mencoba,mengkomunikasokan )
7.    Setelah semua memperkenalkan diri,guru mengajak siswa bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman dikelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa ( mengamati )
8.    Guru mencontohkan cara menyanyikan lagu “ Siapakah Namamu” sambil menepuk salah satu siswa,lalu siswa tersebut menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “ Siapakah Namamu”menepuk teman disebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namnya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.... (mencoba )

120 Menit
Penutup
1.                Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan melakukan diskusi tentang pentingnya saling mengenal,karena tak kenal maka tak sayang.( upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal )
10 Menit




H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                        : percaya diri, kerjasama,Disiplin
b.      Penilaian pengetahuan            : Test tertulis
c.       Penilaian keterampilan            : Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian sikap
No
Nama Siswa
SIKAP
Percaya Diri
Kerjasama
Disiplin



































Keterangan :
1= BT: Belum tampak
2= MT: Mulai Tampak
3= MB: Mulai Berkembang
4= SM: Sudah Membudaya


  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  
Kelas                     :  I (SATU)
Semester               :  1 (satu)
Tema                     :  1. DIRIKU
Sub Tema             :  1. AKU DAN TEMAN BARU
Pembelajaran      :  4
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar,melihat,membaca ) dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

PJOK
Kompetensi Dasar
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
 2.1    Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk dalam bentuk permainan.
3.1    Mengetahui konsep gerak lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar  lokomotor sesuai dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah, ruang gerak ,hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional.

Indikator
3.1.1        Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
4.1.1    Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaku dalam berjalan lurus
4.1.2    Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
4.1.3    Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung




C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,siswa dapat berjalan membentuk garis lurus dengan benar.
2.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan benar.
3.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.


D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Gerak dasar Lokomotor

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Metode                  : Tanya jawab, ceramah,demonstrasi
2.      Pendekatan           : Saintifik (Mengamati,menanya,mencoba,menalar,mengkomunikasikan)

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                    : - Gambar anak melakukan gerak berjalan lurus,zigzag dan melengkung.
2.      Alat                       : kapur,kun
3.      Sumber Belajar      :
Lubna Assagaf,dkk.2014.Buku Siswa Kelas I Tema I “ Diriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13 untuk SD/MI Kelas I. Jakarta : Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan




G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

KEGIATAN
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru melakukan absensi.
3.    Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa diminta mengamati gambar anak melakukan gerak berjalan lurus,zigzag dan melengkung (mengamati )
2.    Guru menjelaskan tentang gerak dasar lokomotor pada gerakan berjalan lurus,zigzag dan melengkung.Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya tentang materi yang belum dimengerti. ( mengamati,menanya )
3.    Guru mengajak siswa untuk bermain diluar kelas  ( mengkomunikasikan )
4.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok,masing-masing kelompok dibagi dua lalu berdiri terpisah berhadap-hadapan dengan jumlah yang seimbang. ( mencoba,)
5.    Permainan dimulai, Siswa no 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju titik. Masing-masing kelompok beradu cepat.( mencoba )
6.    Guru meminta siswa berdiri di titik A yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis Zigzag menuju titik B.
( mencoba )
7.    Siswa no 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zigzag sampai siswa no 5. Lalu siswa-siswa yang lain melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zigzag sampai ke posisi no 5.Demikina seterusnya sampai semua siswa melakukannya.( mencoba,)
8.     Guru menggambar garis lengkung. Siswa no 1 berjalan menyusuri garis lengkung sampai siswa no 5 dan seterusnya.( mencoba )

120 Menit
Penutup
1.                Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang gerak Lokomotor
2.                Guru memberikan tugas dirumah kepada siswa untuk mencoba berjalan melalui garis yang dibuat dengan bimbingan dari orang tua.
3.                Salah seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri kegiatan
10 Menit


H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                        : percaya diri, kerjasama,Disiplin
b.      Penilaian pengetahuan            : Test tertulis
c.       Penilaian keterampilan            : Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian sikap
No
Nama Siswa
SIKAP
Percaya Diri
Kerjasama
Disiplin



































Keterangan :
1= BT: Belum tampak
2= MT: Mulai Tampak
3= MB: Mulai Berkembang
4= SM: Sudah Membudaya
                                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar